Jumat, 28 Januari 2011

Bermain Animasi di Powerpoint -1-

Kata orang, sebuah gambar mewakili seribu kata. Nah, kalau animasi mungkin bisa mewakili seribu dua puluh lima kata deh kira-kira.. :).
Waktu saya mempresentasikan Tugas Akhir saya di hadapan teman-teman, saya menggunakan Powerpoint untuk membuat film kartun tentang Tugas Akhir saya. Sederhana sih, tapi banyak yang terkecoh dan minta diajari Flash (padahal sudah saya beritahu di akhir film, bahwa saya menggunakan Powerpoint!).

Setelah saya bekerja, saya menemukan bahwa (walaupun saya orang introver) saya harus mengkomunikasikan segala sesuatu yang saya lakukan pada rekan dan superior saya. Karena sangat sulit bagi saya untuk mengemukakan ide secara detail dan gamblang, maka saya terpaksa melakukannya melalui email. Untuk menghindari kesalahpahaman, maka saya harus sedetail mungkin dalam mengirimkan email (yang di-carbon copy ke beberapa orang pula). Maka dari itu, saya menggunakan animasi agar rekan dan superior saya benar-benar paham apa yang saya maksudkan.

Prinsip Pengemukaan Ide (versi saya)
Prinsip pengemukaan ide yang telah saya lakukan sebenarnya hanya memunculkan suatu ide secara sekuensial namun ringkas. Ini adalah keuntungan yang saya rasakan dengan membuat animasi. Saya bisa mengemukakan ide dengan lengkap, tanpa interupsi yang bisa membingungkan kita apabila kita berkomunikasi secara lisan. Apalagi kamu mempunyai superior yang ego nya sangat tinggi. Diterima atau tidak diterima, itu urusan belakang, yang penting kita sudah puas, sudah menyampaikan ide kita, dengan lengkap.

Pemunculan ide ini bisa dimulai dari latar belakang masalah. Tapi ini mungkin hanya berlaku pada pembuatan makalah dan kawan-kawannya. Di dunia kerja, tugas otomatis datang dari latar belakang, jadi tidak perlulah kita menyampaikan latar belakang masalah. Kamu mungkin langsung berangkat dari Analisa, lalu Action apa yang akan kamu lakukan.

Studi Kasus
Pada link berikut ini, kamu akan saya anggap sebagai superior saya, yang menugaskan saya untuk memodifikasi piping dari cooling water line. Namun karena cooling water line ini digunakan dalam main process yang menyangkut bonus akhir tahun kamu, maka kamu hanya diberi waktu selama 2 jam. Karena menurut saya waktu itu tidak cukup, maka saya memberikan detail dari pekerjaan yang akan saya lakukan, dengan estimasi waktu yang dibutuhkan.
-------------------------------------------------------------------------------------------------
"Pak, menurut saya waktu 2 jam masih kurang untuk menyelesaikan modifikasi pipa tersebut. Estimasinya saya memerlukan minimal 165 menit untuk menyelesaikannya. Berikut detailnya.


Mohon diberikan durasi waktu lebih untuk pekerjaan ini.

Terimakasih."
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagaimana Pak Bos? Cukup jelas?

Karena ini monolog dan saya cukup sotoy untuk menganggap bahwa penjelasannya saya sudah sangat jelas, dan cukup ge er untuk menganggap bahwa kamu sangat ingin tahu bagaimana membuatnya, maka berikut ini saya coba menjelaskan dari awal ya.. \^,^/


Cara Membuat
(Saya menggunakan Microsoft Office Powerpoint 2007 ya, dan hasilnya TIDAK sama persis dengan contoh di atas)
Step 1. Nyalakan komputernya dulu. Apabila tidak mau nyala, periksa apakah monitornya sudah nyala atau belum. +p

Step 2. Masuk ke Powerpoint dan segera siapkan gambar-gambar, diagram, dan textbox yang diperlukan.
Untuk pembuatan gambar tidak saya jelaskan yaa. Tapi sedikit tips saja:
>Untuk meng-copy objek: klik objek > drag kemana maunya, sambil tekan tombol Ctrl, dan Shift, untuk menjaga objek bergerak pada satu sumbu saja. Coba deh.
>Untuk zoom in dan zoom out: tekan tombol Ctrl, sambil scroll up/scroll down
>Untuk menggeser objek secara bertahap: tekan tombol Arrow sesuai dengan direksi yang diinginkan. Ditekan bersama dengan tombol Ctrl akan menggeser objek dengan jarak yang lebih pendek. Coba deh.

Sekarang mari jelaskan pekerjaan kita.
Step 3. Animasi!
Silakan buka di tab Animation, kemudian klik di Custom Animation untuk detail nya. Kamu akan membuat animasi kamu dari panel yang muncul di sisi kanan.
Bagian teratas, menyediakan bermacam-macam pilihan animasi yang akan digunakan. Ada 4 pilihan: Entrance, Emphasis, Exit, dan Motion Paths.
Silakan coba diklik salah satu pilihannya, maka otomatis akan di-preview-kan animasinya (karena secara default kotak Auto Preview di bagian bawah sudah checked.
Untuk animasi di kategori Entrance adalah animasi yang memunculkan objek.
Untuk animasi di kategori Emphasis adalah animasi yang memperjelas objek yang sudah ada.
Untuk animasi di kategori Exit adalah animasi yang menghilangkan objek.
Sedangkan animasi di kategori Motion Paths adalah animasi yang menggerakkan objek yang sudah ada. Di sini kamu bisa menggambar garis lurus atau kurva yang akan menjadi jalur objek bergerak. Segitiga hijau akan menjadi titik awal pergerakan, dan segitiga merah akan menjadi titik akhir pergerakan. Usahakan jangan merubah posisi segitiga hijau (karena itu adalah TITIK AWAL Pergerakan). Hanya saja kita tidak bisa mengatur kecepatannya.

Di bagian Start ada 3 pilihan: On Click (default), With Previous, dan After Previous. Karena objektif kita adalah penyampaian ide via email, maka sebaiknya interaksi pengguna ditiadakan, yang berarti jangan pilih On Click.
Konsep animasi di Powerpoint adalah per objek. Apabila ada objek A dan objek B, kita bisa memilih apakah animasi objek B setelah animasi objek A atau bersamaan dengan animasi objek B. Jangan terlalu dipikirkan dulu.
Pada bagian Speed, kita bisa menentukan durasi animasi yang telah ditentukan. Fast artinya durasi nya pendek, dan sebaliknya. Jangan terlalu dipikirkan dulu.
Pada panel dibawahnya, menunjukkan animation list dan sekuens nya. Jangan terlalu dipikirkan juga TAPI DICOBA yaa... :)

Kemudian, karena tidak ada interaksi dari user, maka kamu harus memutuskan objek mana yang seharusnya tampil sebentar dan objek mana yang seharusnya tampil agak lama. Silakan klik segitiga di sebelah kanan item animasi di panel animation list, klik Timing.
Silakan diatur Delay (penundaan kemunculan animasi ini), dan speed yang bisa ditentukan lebih akurat.

Step 4. Watch & Rewind!
Step ini mungkin agak berat bagi orang-orang yang mudah marah, karena kamu harus menontonnya (dengan menge-klik Play), memperhatikan timeline,
klik Stop apabila ada yang salah, perbaiki, klik Play lagi, tonton lagi, dst dst..
Karena kamu tidak bisa menentukan dimana kamu menginginkan show mulai berjalan, maka kamu harus selalu menontonnya dari awal tiap slide. Kalau kamu menghasilkan 10 menit rangkaian animasi di dalam 1 slide, maka kamu harus sabar menonton 10 menit animasi (yang mungkin sudah kesekian kalinya) apabila kesalahan ada di bagian akhir animasi.


Step 6. Dengan mengucap basmalah, silakan di-Save dalam format pps. Format ini memungkinkan "film" yang telah kamu buat (dan kemudian di-email) bisa langsung berjalan, dan tidak bisa diedit. Tentu saja file .ppt nya bisa diedit.
ps: untuk menghindari makian dari mulut kamu, biasakan tekan Ctrl-S secara berkala, tiap 10 menit misalnya.

Sekian dulu tulisan saya ya..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut