Sabtu, 29 Januari 2011

Bermain Animasi di PowerPoint -2-

Kali ini studi kasusnya adalah kamu (masih sebagai bos saya), meminta tentang komparasi dari vibration trending 6 buah chiller (1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B).

Kemudian saya terpikir konsep reporting yang melibatkan interaksi dari user. Mengapa? Karena reporting yang diminta berupa komparasi. Ketika kamu mengkomparasi beberapa objek, maka kamu akan melihat objek 1, kemudian objek 2, kemudian kembali lagi objek 2, dst. Aktivitas ini bukan merupakan aktivitas yang bersifat sekuensial, sehingga perlu melibatkan adanya interaksi dari user.
Fasilitas yang tersedia di PowerPoint untuk kebutuhan ini adalah Hyperlink. Kamu sudah pernah tahu kan tentang Hyperlink ini? Tidak berbeda dengan link-link dan mey-mey (lho?) yang kamu klik di Google search result kok. Hanya saja Hyperlink ini mengaitkan antar slide di 1 file .ppt yang akan kamu buat.

------------------------------------------------------------------------------------------------
Pak, berikut ini adalah hasil vibration monitoring chiller 1, 2, dan 3.

Chiller Vibration Monitoring Report

Mohon advis untuk next action yang harus saya lakukan.
Terimakasih
-------------------------------------------------------------------------------------------------

STEP 1. Silakan persiapkan semua gambar dan data yang diperlukan dahulu.
Karena kita akan membuat hyperlink antar slide, maka letakkan gambar dan data terkait di slide yang terpisah. Jangan lupa, kamu harus membuat 'Daftar Isi' yang mengandung hyperlink ke tiap 'Isi' nya.

Tentunya kamu sudah animasikan kemunculannya ya.. ;)

Konsepnya seperti ini:
Slide 1: Judul
Slide 2: Daftar Isi
Slide 3 dan 4: Judul Report dan Hasil Report nya.
Ini terserah kamu, bisa juga dibuat 1 slide kok, dengan meng-Entrance kemudian meng-Exit judul reportnya yang With Previous dengan Entrance hasil report nya (jangan dipikirkan dulu, TAPI DICOBA :p)
Slide selanjutnya: Report selanjutnya.

Di setiap slide report, kamu sediakan hyperlink untuk memilih report dari chiller lainnya. Inilah yang saya maksudkan di awal dengan interaksi user sebagai utilitas komparasi.

STEP 2. Buat Hyperlink di Daftar Isi.
Cukup dengan klik kanan di objek yang akan dikorbankan. Jadi, nanti ketika user klik objek korban ini, maka user akan dibawa ke slide yang sudah kamu tentukan.
Coba kamu klik kanan di box dengan nomor 1 di dalamnya.

Kemudian akan muncul seperti ini
Untuk menyediakan link dari daftar isi ke reporting chiller 1, amati panel dari bagian kiri ke kanan, kemudian klik pilihan yang sesuai. Untuk slide selanjutnya terserah kamu, mau dilanjutkan atau mau bobok dulu.. ;)

STEP 3. Buat Hyperlink di tiap reporting.

STEP 4. Simpan sebagai file pps.

Have a try! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut